Sunday, April 5, 2009

Segmentasi

Segmentasi : Suatu strategi untuk memahami struktur pasar.
Segmenting adalah membuat kelompok-kelompok para konsumen atau kesesuaian yang mungkinan menjadi suatu karaketeristik umum, kebutuhan, kehendak atau keinginan dan targeting adalah analisa, evaluasi dan mendahulukan segmentasi pasar sebagai bahan perimbangan yang paling menguntungkan untuk dikejar.
Type-Type dari Segmentasi
 Demografi: Kelompok umur, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, pendapatan, agama, ras
 Geografi: Letak negara, propinsi, Otonomi, desa, wilayah tertentu
 Psikografis: Kelas Sosial, Gaya Hidup atau ciri kepribadian tertentu
 Behavioristik: Pengetahuan, Sikap pandangan, Penggunaan atau tanggapan mereka terhadap suatu produk.
 Relationship Level:
 No loyalty : Konsumen merasa sedikit menyukai merk tertentu dan tidak mirip untuk membuat pengulangan dalam pembelian produk.
 Inertia loyalty : Konsumen merasa sedikit menyukai merk tertentu, ada terjadi pengulangan dalam pembelian tetapi tidak menjadikan suatu kebiasan. Strategi yang terbaik untuk kelompok seperti ini adalah untuk membuat pembaian semakin mudah dan memungkinkan. Contohnya memberikan member card untuk dapat memperoleh informasi daftar rencana barang baru ataupun acara-acara discount.
 Latent Loyalty : Konsumen merasa sangat terlibat pada merk tertentu tapi hanya membuat sedikit dalam pengulangan pembelian. Latent Loyalti merupakan fakta nyata dari pembelian utama, seperti mobil atau produk-produk besar. Sebagai contoh seorang konsumen mungkin membeli mesin cuci hanya setiap 10 tahun sekali tapi Perusahaan PANASONIC menginginkan konsumen yg setia ini pada saatnya untuk mengganti mesin cuci tersebut dengan merk yang sama. Perusahaan juga menginginkan konsumen yang setia ini memberikan kesaksian layaknya seperti seorang pengacara bahwa merk tersebut bagus dan cocok untuk dibeli kepada keluarga dan teman-temannya, hal ini memaksimalkan kekuatan dari “Word-of-Mouth”.
 Premium Loyalty : Konsumen merasa sangat terlibat pada merk tertentu dan banyak melakukan pengulangan dalam pembelian.

No comments:

Twilight.