Wednesday, April 25, 2012


PANDUAN BELANJA DI SINGAPURA GST TAX (PENGEMBALIAN TAX)

  • Sebelum belanja yang perlu diingat adalah GST TAX (Goods and Services Tax (GST/Pajak Barang dan Jasa) Terdapat pajak barang dan jasa (GST) sebesar 7% (mulai berlaku Juli 2007).
  • Karena kita wisatawan jadi kita bisa dapat potongan 7% dari Harga Barang syaratnya: dalam satu struk pembelian itu harus minimal SGD 100. Nah kalau anda belanja lebih dari SGD 100 langsung minta sama kasir nya GST TAX. Bentuk nya kaya struk bon pembelian lalu SIMPAN STRUK GST TAX. Sebelum membeli lihat di depan toko tersebut biasanya ditempel lambang GST atau di kasir. Di kasir biasanya anda akan ditanya pasport anda buat keperluan administrasi.
  • Di singapura ada 2 perusahan GST yaitu: Global Refund Singapore Pte Ltd and Premier Tax Free (Singapore) Pte Ltd
  • Berdasarkan Tourist Refund Scheme atau Skema Pengembalian Pajak khusus bagi Wisatawan, wisatawan yang membeli barang di Singapura dari toko-toko yang turut berpartisipasi dapat mengklaim pengembalian uang atas pajak GST yang telah dibayarkan jika barang-barang itu dibawa keluar dari Singapura melalui Bandara Internasional Changi atau Bandara Seletar Airport dalam waktu 2 bulan sejak tanggal pembelian. Pengembalian pajak GST ini tidak berlaku jika menggunakan transportasi darat atau laut saat keluar dari Singapura.
  • Wisatawan yang memenuhi ketentuan skema ini berhak mendapatkan pengembalian uang pajak GST ini dari toko atau dari badan pengembalian dana pusat.
  • Sebelum check in di bandara sebaiknya anda harus mengurus GST TAX karena barang-barang yang dibeli harus ditunjukkan di petugas dan struk GST TAX anda akan di sah kan (stempel).
  • Kalau anda membeli barang mewah seperti jam tangan, tas branded, dompet branded itu dibawa ke pesawat ya karena pengalaman saya waktu di bandara sempat nih komentarin orang, ihh baru belanja Louis Voitton harus ditenteng-tenteng sih norak deh. Ternyata itu barang-barang tersebut harus diperlihatkan di petugas GST TAX yang letak nya di dalam (Departure lounge) tempat anda menunggu pesawat jadi gak bisa keluar lagi. Kalau barangnya di bagasi gak bisa di klaim tax refund nya. belanjaan oleh-oleh, baju-baju, tas guess, sepatu ferrari untung sudah di tunjukkan di petugas GST TAX di bandara depan/bawah setelah itu dimasukin bagasi. Petugas nya kasih tahu sih jam tangan dan coach harus dibawa masuk kedalam, jangan di taruh bagasi karena itu harus ditunjukkan dan baru bisa dikembalikan Tax Free nya.


No comments:

Twilight.