Thursday, March 27, 2014

Perjalanan ke Shanghai, Cina - Paris of The East

Julukan kota shanghai di china "Paris of The East" ternyata memang benar...
mau tahu kenapa di bilang paris of the east?

Penasaran banget sih waktu dengar julukan Shanghai seperti itu.. tapi beneran deh kebetulan gue pergi ke sana atas undangan perusahaan perancis dan gue di tempatkan di daerah Shanghai French Concession adalah *konsesi asing di Shanghai, China dari 1849 sampai 1946, yang semakin berkembang di akhir abad 19 dan awal abad 20. Konsesi berakhir dalam praktek pada tahun 1943 ketika pemerintah Vichy Perancis menandatanganinya ke pemerintahan boneka pro-Jepang di Nanking. Untuk sebagian besar abad ke-20, daerah yang dicakup oleh mantan konsesi Perancis tetap distrik perumahan dan ritel utama dari Shanghai, dan juga pusat agama Katolik di Shanghai. Meskipun merajalela pembangunan kembali selama beberapa dekade terakhir, daerah tetap memiliki karakter yang berbeda, dan merupakan tujuan wisata populer. *dikutip dari wikipedia.

Bangunan di sana asli deh keren-keren banget berasa di eropa gak berasa di china, sumpah deh gue sukaaaaa banget sayangnya gue gak bisa bahasa china makanya kurang percaya diri jalan-jalan sendiri dan sayang nya lagi kenapa training gue dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam, huhuhuhuhu... walaupun dapat jatah 1 minggu disana berasa kurang.. rasanya pengen lagi balik kesana.

Shanghai Pudong International Airport
Petunjuk di airport mudah, waktu gue landing posisi ada di terminal 2 dan teman-teman gue ada di terminal 1 so gue lah yang menuju ke terminal 1, lumayan juga jalannya menuju terminal 1.
me - foto menuju terminal 1 Shanghai Pudong International Airport

Perjalanan dari Airport menuju down town - MAGLEV
From Pudong Airport to Longyang Rd.Metro Station
Tadi nya kita mau naik taxi menuju down town tapi karena koper kita besar-besar dan perhitungan lebih murah naik kereta super cepat, akhirnya kita naik Maglev...
Kereta nya yang pasti nyaman, terus pemandangan nya juga ok walaupun ngebut banget keretanya.
MAGLEV  from Shanghai Pudong International Airport -  foto pakai camera blackberry liat deh kecepatannya ok banget kan

suasana di Longyang Rd.Metro Station

My Hotel, Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel
Lokasi hotel gue menginap di daerah Shanghai French Concession.
Pengalaman selama menginap di sana memuaskan, apalagi hotel doorman nya mereka sangat ramah, membantu sekali pokok-nya ok banget deh team hotels doorman, di bandingkan dengan resepsionis nya.
Ini hotel luas sekali dan ternyata berupa komplek, selain hotel, ternyata ada juga komplek apartment nya dan ada gedung pertemuannya kebetulan waktu gue datang hari minggu malamnya ada wedding party.
Nah karena hotel nya luas gue 2 kali di turunkan dari taxi tidak di lobby hotel karena masalah bahasa sih.
yang atap biru (kaca) itu kolam renangnya- gak sempat berenang karena sibuk dan lagi pula selama disana hujan jadi dingin cuacanya - Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel
my room at Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel

my room at Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel  - padahal tidur sendirian dikasih double bed - ada internet nya
Bathroom at Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel - kamar mandi - enak banget berendam di air panas
view from my room at Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel  - gedung itu dipakai untuk acara-acara
Pengalaman Naik Taxi di Shanghai
Naik taxi di Shanghai tidak semahal taxi di jakarta, jadi nyesel jalan-jalan naik MRT mending naik taxi aja deh. Oh iya supir taxi nya banyak yang nekat melanggar aturan hehehehe seperti dilarang putar balik tapi bisa aja nyari celah nya.
Selalu membawa tulisan china tujuan dan alamat yang akan anda tuju, dan percakapan standard antara kita dan supir taxi -nya
Pertama kali diturunin di gedung pertemuan, sekitar jam 6 malam kejadiannya kita mau bilang masih terus tapi supir taxi nya udah kesel duluan akhirnya kita diturunin paksa di gedung pertemuan, lumayan juga jalan menuju lobby kebun dan pemandangannya sekitar ok banget. (see pictureview from my room, untuk memahami perjalanan dari gedung pertemuan menuju lobby hotel ) hehehehe
kedua kali di turunin lebih tepatnya di usir supir taxi di depan gerbang komplek apartmen nya.. nah coba deh liat jaraknya dari foto di bawah ini, malam-malam jam 12-an waktu shanghai jalan kaki menuju hotel.. derita karena tidak bisa bahasa china. waktu itu kita ber 3 (indonesia, malaysia dan japan).
view from my room at Radisson Blu Plaza Xingguo Hotel - gedung yang berjejer dan gedungnya sama disebelah kanan foto itu ternyata apartment di komplek radisson blu