Saturday, March 29, 2014

Tips Panduan Jalan-Jalan ke Bangkok Thailand

Tips and experience to Bangkok, Thailand
Suvarnabhumi Airport
Pertama kali ke bangkok itu tahun 2010 waktu itu pesawat air asia gak ada yang langsung dari Jakarta ke Bangkok jadi saya via Kuala Lumpur - Bangkok
Bermodal nekat dan saya sebagai ketua nekatnya hehehehe... akhirnya landing di Bangkok jam 9 malam, di Suvarnabhumi Airport. 
Second time to bangkok was 2013, by air asia dan mendarat di Don Muang Airport (DMK) Bangkok jam 11 malam.
Pakaian
Bangkok panas seperti Jakarta, jadi bawa baju yang casual dan menyerap keringat.
Provider Telepon/Gadget
1st time trip, belum ada blackberry masih jaman sms-an masih pake Nokia Communicator. Beli Happy Dtac pengalamannya waktu sms-an sesama Happy Dtac (waktu itu kita ber 3 pakai simcard yang sama) sms yang kita terima tulisan thailand yang keriting itu..hahahahaha kocak ya.. tapi kalau sms ke/dari Indonesia tulisannya alphabet normal.
2nd time trip, sudah ada pakai blackberry, pertama beli di 711 tapi karyawan 711 tidak mengaktifkan paket blackberry so akhirnya kita datangin counter provider tersebut di MBK Mall.
Di MBK mall lantai 4 atas itu isinya jualan gadget dan simcard.
Ambil Peta bangkok di airport
1st time trip, peta dan guide banyak tersedia di  Suvarnabhumi Airport itu sangat membantu karena di peta tersebut biasanya ada 2 translate yaitu english dan thai. Gunanya itu untuk menunjukkan tempat ke supir taxi atau supir tuktuk atau untuk nanti kita bertanya sama penduduk setempat karena ada tulisan thai.
2nd time trip, peta dan giude tidak tersedia di don muang airport tapi tersedia di lobby hotel atau tempat wisata.
Transportasi
1st time trip, naik taxi dan tuktuk
2nd time trip, naik taxi, tuktuk dan MRT
Kesimpulannya naik taxi aja deh gak mahal naik taxi di sana di banding naik taxi di jakarta tapi kalau kita naik taxi kekurangannya yaitu kemacetan di kota bangkok.
Naik Tuktuk, harus pintar nawar dan biasanya nih mereka suka ngajakin kita mampir ke toko-toko walaupun gak bayar tapi kan menghabiskan waktu aja.
Pegangan yang erat kalau naik tuktuk karena supirnya suka ngebut dan kalau belok tetap di gas.. dari dulu sampai sekarang gak berubah tuh selalu ngebut.. kelebihannya kita bisa lebih cepat karena mereka lewat jalan kecil atau short cut.
MRT disana mudah kita bisa beli tiket pertujuan saja atau one trip.
Taxi dari bandara ke hotel
1st time trip, di  Suvarnabhumi Airport pemesanan taxi itu diatur dan kita harus mendaftar dan memberikan alamat tujuan hotel kita dan mereka akan menulis alamat tujuan hotel kita dengan menggunakan tulisan thai dan memberi tahu perkiraan biaya taxi. tapi kenyataannya pas kita di dalam taxi supir taxinya ngajakin tawar menawar. 
2nd time tirp, di don muang airport kita langsung antri nunggu taxi dan ada petugas nya yang mengatur, untuk kali ini kita gak ada tawar menawar membayar sesuai tarif yang tertera. tapi kita ngasih tips karena sempat supir taxi nya bingung karena hotel kita itu berada di dalam gang jadi dia inisiatif telepon hotel nya.


Suvarnabhumi Airport, Bankok Thailand


No comments:

Twilight.